2 Oktober 2016

Metodologi Dakwah

Standard
Inotions - Metodologi dakwah
1.      Pengertian secara etimologi
Dari segi bahasa metode berasal dari dua kata yaitu “meta” (melalui) dan “hodos” (jalan, cara). Sumber yang lain menyebutkan bahwa metode berasal dari bahasa Jerman “methodica” artinya ajaran tentang metode. Adapun adalam bahasa yunani berasal dari kata methodos yang berarti jalan yang dalam bahasa arab disbut thoriq. Didalam bahasa arab kata metode disebut thoriqot dan manhaj yang juga mengandung arti tata cara, sementara itu dalam kamus besar bahasa Indonesia  kata metode mengandung arti  “cara yang teratur dan berpikir baik-baik untuk maksud (dalam ilmu pengetahuan dan sebagainya)”. Sedangkan dakwah sendiri secaraa bahasa diambil dari bahasa’arab da’a yad’u da’watan yang berarti mengajak atau menyeru.

2.    Pengertian secara terminologi
Setelah kita ketahui asal usul kata metode dan dakwah maka lebih mudah untuk kita mengetahui makna secara istilahnya. Adapun metode secara istilah adalah suatu jalan yang ditempuh atau suatu cara yang dilaluli untuk mencapai tujuan tertentu.

Sedangkan dakwah secara istilah dipaparkan menurut para ahli sebagai berikut: 
Dakwah adalah proses mengubah seseorang untuk senantiasa berbuat baik dan meninggalkan yang buruk denga tujuan agar mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat dengan menggunakan metode dan media tertentu sebagai fasilitas penyampaian pesan. Dengan begitu metode dakwah dapat diartikan cara atau jalan tertentu yang harus ditempuh seseorang untuk mengubah seseorang kepada kebajikan dan meninggalkan keburukan sehingga tercapai tujuan yaitu kebahagiaan didunia dan di akhirat.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar